Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Mar 18, 2013 in Blog Motivasi, Motivasi Strategi Belajar | 0 comments

Mulut Saya Hanya Akan Mengucapkan Kata-kata Positif dan Membangun

Mulut Saya Hanya Akan Mengucapkan Kata-kata Positif dan Membangun

109
Salam Sukacita !

Perhatikan kata-kata yang sering keluar dari mulut kamu, manakah yang lebih banyak ? Apakah kata-kata yang positif dan membangun atau kata-kata negatif, kasar dan merendahkan orang lain? Hati-hati saat kamu menggunakan kata-katamu. Telingamu akan mendengarkan apa yang kamu ucapkan, hati merasakan dan otak akan berfikir untuk menjadikannnya sebagai suatu kebenaran untuk dirimu.

Apakah kamu sering mengatakan : “Au Ah Gelap!” , “Bodo Amat!”, “Emang Gue Pikirin!” , “Ah Goblok Gue!” , “Susah! “,”Gak Bisa!” Kata-kata tersebut, sepertinya hal biasa dan sederhana, namun kata-kata tersebut akan membuat alam bawah sadarmu meyakininya sebagai suatu kebenaran, bahwa kamu sebagai orang yang tidak peduli dan bodoh. Buanglah kata-kata negatif dalam kamus hidupmu. Terlebih lagi, kata-kata kasar yang merendahkan orang lain seperti “Bodoh”, “Goblok” . Hal itu bisa menjadi sebuah kutuk yang akan berbalik kepada kamu. Sungguh menyeramkan bukan?

Ingat apa yang kamu tabur akan kamu tuai. Lalu bagaimana jika orang lain yang mengatai kamu dengan perkataan seperti itu ? Hal yang kamu lakukan adalah menolak dalam dirimu atas perkataan yang kamu dengarkan dan yakinkan kepada dirimu bahwa kamu anak yang pintar dan berprestasi dan kamu akan buktikan kepada orang yang merendahkan kamu dengan bukti hasil bahwa ucapan mereka adalah salah.

Jadikanlah penghinaan dan hal-hal yang merendahkan kamu sebagai cambuk yang akan memotivasi diri kamu untuk semakin giat belajar dan belajar dengan sungguh-sungguh. Balaslah dendam dengan hal-hal yang positif dalam dirimu dengan kegiatan belajar dan pembuktian suatu saat nanti. Jadilah anak yang selalu berpikiran positif, sehingga kamu akan menjadi orang yang bijaksana. Prestasimu akan meningkat seiring dengan kerajinan kamu dalam belajar. Mulai sekarang , jauhkan teman-teman yang berkata-kata tidak baik, kata kasar, kata kotor karena kamu bisa menjadi sama seperti mereka.

Pergaulan yang baik akan membawa kamu menjadi anak yang baik, demikian juga sebaliknya jika kamu bergaul dengan anak yang tidak baik, maka kamu akan menjadi anak yang tidak baik. Seperti pepatah, “ “ Jika kamu banyak bergaul dengan tukang ikan asin, maka kamu akan bau ikan asin dan jika kamu bergaul dengan tukang parfum, maka kamu akan wangi seperti parfum”.

Sekarang pikirkanlah mana teman-temanmu yang membawa kamu kepada pergaulan yang tidak baik, maka mulailah sekarang kamu harus menjauhinya, cukup berteman saja, namun tidak bergaul secara dekat. Sebaliknya siapa teman-temanmu yang mempunyai karakter dan prestasi bagus, berteman dan bergaulah dengan mereka karena lingkungan yang baik akan membawa kamu untuk menjadi anak yang berprestasi. Perhatikanlah siswa yang prestasinya gitu-gitu aja, pasti temannya juga punya prestasi gitu-gitu aja, iya kan?

Haryanto Gianto
Motivator Anak dan Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *